> -->

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

SEHATNYA KITA-Bentuk kumis Kucing ialah semak yang mempunyai batang basah, tingginya mungkin dapat mencapai 1,5 meter. Bisa tumbuh di lokasi yang kering atau basah pada elevasi 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman jenis ini mempunyai daun berbentuk telur taji yang meninggalkan tepi bergerigi kasar. Bunganya berwarna putih atau ungu. Kumis kucing atau remujung adalahtanaman obat berupa tanaman berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan sekian banyak  istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari distrik Afrika tropis, lantas menyebar ke distrik Australia dan Asia.

Tanaman ini punya beberapa khasiat yaitu guna menyembuhkan sekian banyak  macam penyakit. Daunnya berisi kalium (boorsma) dan pun berisi glikosida orthosiphonin dipercayai melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari body.Especially dari empedu, kandung kemih dan ginjal.
Berdasarkan keterangan dari Buku Kedokteran Tanaman oleh Dr Setiawan Dalimartha Indonesia, bunga tumbuhan kumis kucing ialah bunga majemuk dalam tandan yang terbit di ujung cabang.

Warnanya pucat ungu atau putih sementara benang sari lebih panjang dari tabung bunga. Buah kucing kumis berbentuk kotak buah dan berbentuk telur.Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji atau stek batang.
Tanaman ini mempunyai rasa tidak banyak pahit. kumis kucing dapat dipakai untuk mengobati sebanyak penyakit yakni infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, desakan darah tinggi, diabetes, batu kandung kemih dan infeksi kandung kemih.


Catatan ini mengusung mengenai kumis kucing yang dapat dipakai sebagai obat herbal atau obat tradisional guna menyembuhkan sejumlah penyakit. Biasanya tumbuhan ini hidup di negara tropis. Indonesia ialah salah satu negara yang memiliki tidak sedikit kumis kucing.
Daun kumis kucing (basah atau kering) dapat dipakai sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia, daun kering dipakai sebagai obat yang mempermudah pengeluaran air seni (diuretik), sementara di India kumis kucing dipakai untuk mengobati rematik.

Penggunaan kucing kumis sebagai obat tradisional dapat digunakan sebagai upaya pertolongan meredakan batuk, pilek dan sembelit. Di samping itu, daun tumbuhan ini juga bermanfaat untuk penyembuhan radang ginjal, batu ginjal, diabetes, albuminuria, dan penyakit sifilis, infeksi kandung kemih dan batu diisi kemih, batu ginjal nyeri, batu kandung empedu, rematik, pembengkakan pada drainase kencing, kandung kemih Infeksi saluran, keputihan.










0 Response to "Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel