> -->

Ultah Facebook, Sekilas Perjalanan Facebook Selama 15 Tahun

Ultah Facebook, Sekilas Perjalanan Facebook Selama 15 Tahun

SEPUTAR INFO-Perjalanan Facebook dibuka saat Zuck cs meluncurkannya pada 4 Februari 2004. Selama perjalanannya sekitar 15 tahun, Facebook sukses menjadi jejaring sosial sangat populer di dunia.

Kepopulerannya tersebut membuahkan hasil yang paling besar bikin sang pendiri. Harta Zuckerberg meroket sampai lebih dari US$ 62,5 miliar per 2019 ini.
Padahal, sebagaimana dilansir dari Business Insider, Senin (4/2/2019), Zuck yang saat tersebut adalahmahasiswa tingkat dua menegakkan FB bareng dengan Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Kala itu, Zuck cs menghadirkan Facebook sebagai drainase komunikasi bikin mahasiswa Harvard. Di tahun 2004, dia terbit dari Harvard guna mengembangkan bisnis Facebook. Pada tahun 2005, Facebook pindah dari kamar asrama ke kantor kecil di Palo Alto, California. Pada Mei 2005, Facebook mendapat pendanaan US$ 14 juta. Saat itu, Zuck mendapat gelar 21-year-old whiz kid dari The New York Times.

Seiring dengan Facebook yang makin bertumbuh, kekayaan Zuck pun terus bertambah jumlahnya. Pada 2008, dia masuk ke susunan orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan US$ 1.5 miliar.
Saat itu, dia masuk ke susunan orang sangat kaya di dunia bareng 1.125 miliar lainnya. Di tahun yang sama, Facebook menuntaskan gugatan dengan mantan rekan sekelasnya di Harvard, yaitu Cameron dan Tyler Winklevoss, serta Divya Narendra.

Ketiganya menuding Facebook mencuri gagasan mereka guna media sosial tersebut dari platfom medsos mereka yang mempunyai nama Connect U. Saat itu, ketiganya memenangkan gugayan dan menerima 1,2 juta saham Facebook.
Kemudian, di tahun 2012, Zuckerberg menawarkan saham perdana Facebook (IPO) di bursa saham New York Stock Exchange. Saat itu ialah IPO teknologi terbesar dalam sejarah.

Setelah IPO, Facebook makin gencar mengakuisisi perusahaan lain. Misalnya, Facebook melakukan pembelian Instagram ekuivalen US$ 1 miliar di tahun 2012 dan WhatsApp senilai US$ 19 miliar di tahun 2014. Facebook pun mengakuisisi perusahaan pembesut VR mempunyai nama Oculus pada Maret 2014 sebesar US$ 2 miliar.

Hingga akhir 2014, kekayaan Zuck meningkat sampai US$ 30 miliar dan terus meningkat sampai tiga tahun setelahnya. Walau kaya, Zuck dan istrinya Priscilla Chan gemar beramal. Keduanya menegakkan yayasan mempunyai nama Chan Zuckerberg Initiative. Pasangan kaya ini berjanji, menyerahkan 99 persen mereka di Facebook guna memajukan potensi insan dan mempromosikan kesetaraan.

Sayangnya, di tahun 2017, Facebook mulai digempur tidak sedikit masalah. Salah satunya ialah informasi palsu dan misinformasi sekitar Pilpres AS 2016.
Tidak berhenti di situ, pada 2018, terungkap bahwa suatu perusahaan konsultasi Inggris Cambridge Analytica memboyong 87 juta data kepunyaan pemakai Facebook, masih berhubungan dengan kepentingan kampanye politik.

Zuckerberg juga dimintai penjelasan oleh Congress AS dan mengakui kesalahannya. "Kami sudah berbuat tidak sedikit kesalahan dalam menjalankan perusahaan. Saya rasa paling tidak mungkin, menciptakan perusahaan di asrama lantas tumbuh sampai skala seperti kini tanpa adanya kekeliruan sedikitpun," tutur Zuck di hadapan Congress AS, April 2018. Bloomberg mencatat, 10 hari sesudah beredarnya kabar tentang permasalahan Cambridge Analytica, kekayaan Zuck turun menyeluruh dari US$ 75 miliar ke US$ 62,2 miliar.

Meski nilai saham Facebook anjlok terus sebab masalah penyalahgunaan data, Zuckerberg untuk CNN, November lalu, mengatakan, dirinya tidak berencana guna turun dari jabatannya sebagai CEO Facebook.
Pada akhir 2018, kekayaan bersih Zuck menjangkau titik terendah dalam tiga tahun terakhir menjadi US$ 49,4 miliar. Namun demikian, hartanya pulang pulih dan sekarang mencapai angka selama US$ 65,6 miliar. Zuck juga menjadi orang terkaya kelima di dunia ketika ini.

Kini, di ulang tahun Facebook yang ke-15, masa mendatang Facebook masih belum dapat diterka. Namun, apapun dapat terjadi, laksana pada 15 tahun lalu, ketika Zuck mengenalkan Facebook di kamar asramanya pada 2004 silam.



Nah, itulah sekilas tentang perjalanan Facebook dan CEO nya, selama kurun waktu 15 tahun ini, semoga informasi ini bermanfaat..

0 Response to "Ultah Facebook, Sekilas Perjalanan Facebook Selama 15 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel