> -->

Jaga Pola Hidup Sehatmu, 8 Cara Efektif Mancegah Kanker Payudara

Jaga Pola Hidup Sehatmu, 8 Cara Efektif Mancegah Kanker Payudara

SEHATNYA KITA-Cara menangkal kanker payudara sebenarnya dapat dilakukan dengan mengolah gaya hidup yang tidak sehat. Memiliki pola hidup yang sehat mutlak mesti diisi untuk menangkal terjadinya kanker payudara.
Bahkan kanker payudara ialah salah satu jenis kanker yang sangat umum terjadi pada wanita. Penyakit ini pun termasuk penyebab kematian utama wanita. Oleh sebab itu, anda perlu untuk mengawal kesehatanmu dari ancaman kanker payudara ini.

Cara menangkal kanker payudara yang gampang dan efektif tentunya mesti dilaksanakan dengan mengawal pola hidup sehat. Kamu jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan sampai harus menghindari sekian banyak  makanan atau minuman yang tidak menyehatkan.

Konsumsi Makanan Sehat dan Menjaga Berat Badan Ideal


Konsumsi Makanan Sehat

Cara menangkal kanker payudara yang kesatu ialah dengan mengutamakan santap sehat. Pola santap sehat dengan mengkhususkan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan tergolong kacang kedelai, minyak sehat, dan antioksidan yang tinggi, dapat menolong mengurangi risiko kanker payudara.

Wanita yang telah terkena kanker payudara juga hidupnya bisa lebih berkualitas, andai menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak ialah berbagai jenis makanan yang mesti dihindari sebagai usaha pencegahan kanker payudara.

Menjaga Berat Badan Ideal

Cara menangkal kanker payudara selanjutnya ialah menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan mempunyai kaitan yang erat dengan risiko kanker payudara. Wanita yang merasakan obesitas sesudah masa menopause mempunyai risiko terpapar kanker payudara sampai 20 - 40 persen lebih tinggi dikomparasikan dengan yang memiliki berat badan normal.

Perubahan berat badan dan masa-masa terjadinya eskalasi berat badan ini diduga sehubungan dengan suasana hormon estrogen dan insulin di dalam tubuh. Dengan begitu, anda harus senantiasa mengawal berat badan tetap ideal supaya tidak terpapar kanker payudara.

Olahraga dan Menyusui Secara Teratur


Olahraga Secara Teratur

Salah satu teknik mencegah kanker payudara yang tidak kalah penting ialah berolahraga dengan teratur. Aktif secara jasmani dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Sebaliknya, risiko kanker payudara bertambah pada perempuan yang telah bertahun-tahun tidak pernah mengubah fisiknya lagi. Standar untuk mengerjakan olahraga intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) ialah selama 2 jam 30 menit per minggu.

Menyusui Bayi Secara Teratur

Bagi anda yang telah menikah dan memiliki bayi, salah satu teknik mencegah kanker payudara ialah dengan menyusui bayi dengan teratur. Menyusui bayi dapat menolong menurunkan risiko kanker payudara sampai 22 persen.

Sejauh ini belum diketahui pasti kenapa menyusui dapat menangkal kanker payudara. Namun, diperkirakan menyusui bisa membantu ekuilibrium hormon, menangkal paparan zat pemicu kanker, dan menghindari kehancuran sel payudara.

Menghindari Rokok dan Minuman Beralkohol


Menghindari Rokok

Bagi anda yang merokok, sebagai salah satu teknik mencegah kanker payudara, anda harus menghentikan kelaziman tersebut. Kamu yang pernah menjadi pengisap rokok saja masih mempunyai risiko terpapar kanker payudara sebesar 6-9 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah mengisap rokok sama sekali.

Kondisi yang lebih buruk dapat kamu alami andai masih aktif merokok, yakni 7-13 persen lebih berisiko untuk terpapar kanker payudara.

Menghindari Minuman Beralkohol

Cara menangkal kanker payudara berikutnya ialah dengan menghindari minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat menambah risiko terpapar kanker payudara sebesar 7-12 persen.

Potensi terpapar kanker payudara bakal lebih tinggi andai biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari. Hal ini bisa terjadi sebab ada kaitan antara tingkat alkohol dengan evolusi jumlah hormon di dalam darah. Karena itu, usahakan anda menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Membatasi Terapi Hormon dan Hindari Paparan Radiasi


Membatasi Terapi Hormon

Cara menangkal kanker payudara selanjutnya ialah membatasi terapi hormon. Terapi hormon biasa dilaksanakan oleh wanita berhubungan dengan masa menopause. Terapi memakai hormon estrogen dan progesteron ini biasanya mempunyai sifat jangka panjang.

Karena itulah, terapi ini berisiko menambah kanker payudara. Apabila anda benar-benar memerlukan terapi hormon, konsultasikan untuk dokter supaya kadar hormon itu dapat dikurangi.

Hindari Paparan Radiasi

Di samping itu, teknik mencegah kanker payudara juga dapat dilakukan dengan menghindari terkena penyampaian radiasi. Ada sejumlah hal yang barangkali membuat anda terpapar radiasi tingkat tinggi, contohnya menjalani pengecekan CT scan, bekerja di kemudahan kesehatan yang memakai radiasi, dan terkena asap kendaraan atau bahan-bahan kimia. Jadi, lindungi dirimu dari penyampaian tersebut dan hindari semaksimal mungkin.

Begitulah sejumlah cara menangkal kanker payudara yang mesti anda ketahui. Menjaga gaya hidup yang sehat mulai dari makanan, berolahraga, dan menghindari sekian banyak  penyebab kanker payudara bisa membuat anda terhindari dari penyakit mematikan tersebut. Segera berkonsultasi dengan dokter bila anda mengalami sekian banyak  gejala kanker payudara supaya bisa ditangani dengan cepat dan tepat.






0 Response to "Jaga Pola Hidup Sehatmu, 8 Cara Efektif Mancegah Kanker Payudara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel